Rabu, 04 Maret 2009

Lomba Desain Poster DEEP Indonesia 2009



LATAR BELAKANG.
Pameran DEEP Indonesia 2009 adalah sebuah pameran internasional yang memamerkan perkembangan aktivitas selam, wisata petualangan dan olah raga air di Indonesia, yang akan diselenggarakan mulai tanggal 27-29 Maret 2009 di Hall A, Jakarta Convention Center. Deep Indonesia 2009 memiliki sasaran untuk mempromosikan industri wisata bahari melalui kegiatan selam, olah raga perairan dan wisata petualangan sekaligus mengajak masyarakat untuk mencintai laut dan sumber daya kelautan.
Salah satu tujuan dari pameran DEEP Indonesia 2009 adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap konservasi lingkungan hidup terutama lingkungan hidup kelautan dan sumber daya kelautan. Tujuan inilah yang menjadi dasar dari diselenggarakannya Lomba Desain Poster Digital oleh PT. Exhibition Network Indonesia, sebagai penyelenggara pameran bekerjasama dengan Coremap II, sebuah lembaga rehabilitas terumbu karang di bawah Departemen Kelautan & Perikanan.
DEEP Indonesia 2009 didukung sepenuhnya oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Departemen Kelautan dan Perikanan, Kementerian LIngkungan Hidup dan Persatuan Olah Raga Selam Seluruh Indonesia. Departemen Kebudayaan dan Pariwisata secara resmi telah mencanangkan pameran DEEP Indonesia sebagai salah satu agenda nasional untuk pengembangan industri selam dan wisata bahari di tanah air. DEEP Indonesia 2009 juga mendapat dukungan penuh dari media-media komunitas terkait tingkat internasional.

LINGKUP KARYA DAN PESERTA LOMBA.
Kompetisi desain poster dalam wujud digital untuk pelajar SMU dan mahasiswa sekolah/perguruan tinggi se-Indonesia.
Poster merupakan medium komunikasi yang efektif untuk menyampaikan pesan yang singkat tetapi padat, dan impresif karena ukurannya yang relatif besar. Desain poster digital yang dimaksud adalah karya poster dibuat dengan menggunakan program grafis di komputer atau dibuat/ digambar secara manual kemudian dipindai (scanned) atau difoto digital agar berwujud digital. Tujuan digitalisasi ini adalah agar mempercepat, mempermudah dan mengurangi pengeluaran biaya pencetakan. Walaupun bentukan akhirnya adalah digital, tetapi peserta lomba dianjurkan untuk melakukan penilaian ulang mengenai faktor ukuran sebenarnya dari poster tersebut; yaitu setara dengan 60 x 90 cm. Peserta lomba adalah khusus pelajar SMU dan mahasiswa di sekolah/perguruan tinggi se-Indonesia, yang masih aktif dan memiliki bukti yang kuat atas statusnya tersebut dari sekolah/perguruan tinggi tempatnya berada.
OBJEKTIF LOMBA.
a. Tema poster: “Keharmonisan Manusia dengan Terumbu Karang untuk Ikan Berlimpah”

b. Target poster: sasaran utama komunikasi adalah untuk para nelayan, sasaran sekundernya adalah masyarakat luas.

c. Tujuan poster: - mengkomunikasikan tema, - menggugah para nelayan dan masyarakat umum untuk menjadi individu/komunitas yang aktif berpartisipasi menjadi agen pelestari lingkungan hidup dan sumber daya kelautan, - menghidupkan kecintaan para nelayan dan masyarakat umum akan manfaat kelestarian alam untuk kekayaan potensi kehidupan laut, serta keindahan alamnya, - menggugah kesadaran para nelayan dan masyarakat umum agar melakukan upaya pencegahan individu/kolektif atas perusakan kehidupan kelautan.

d. Anjuran:Peserta lomba dianjurkan untuk memperdalam referensi tentang tema lomba, membangun esensi masalah dan sasaran komunikasi (terutama cara pemilihan kata-kata yang cocok untuk para nelayan), serta mengkaji manfaat desain dan fungsi poster.

KETERANGAN TEKNIS LOMBA.
a. Format karya poster:
- karya asli:dibuat dengan format RGB, tiff, ukuran 3543 x 5315 pixels (setara dengan 60 x 90 cm, 150 pixels/inch), posisi vertikal,
- thumbnail (perkecilan) karya: dibuat dengan format RGB, jpg, ukuran 534 x 800 pixels (setara dengan 9 x 13.5 cm, 150 pixel/inch), posisi vertikal, file size <>
b. Ketentuan karya:
- teknis dan gaya visualisasi bebas, orisinal, asli 100% buatan sendiri dan tidak memakai elemen yang melanggar hak cipta dan etika pembuatan karya cipta (bukan tiruan atau jiplakan),- apabila ada pembuktian pelanggaran ketentuan ini, karya akan dianulir dan/atau dibatalkan penghargaannya,
- karya bisa berupa hasil kerja individual atau kolaborasi dengan mengatasnamakan salah satu individu yang terlibat penuh dan memenuhi persyaratan sebagai peserta,
- karya bisa dibuat dengan menggunakan program grafis di komputer atau dibuat/digambar secara manual kemudian dipindai (scanned) atau difoto digital, sehingga berwujud digital,
- hak cipta seluruh karya yang diterima panitia merupakan milik masing-masing peserta. Panitia, penyelenggara dan pihak sponsor berhak mempublikasikan karya tersebut dengan memberi informasi/kredit pemilik hak ciptanya.
c. Ketentuan isi paket/amplop pengiriman karya:
- 1 buah CD (compact disc) berisi karya asli dan thumbnail karya
- 1 buah komputer printout karya ditempel ke atau pada kertas A4 tebal
- 1 formulir registrasi lomba (cetakan/printout/ foto kopi) yang sudah diisi lengkap (biodata dan penjelasan/rasionalisasi karya) >
download formulir di sini
- 1 buah copy KTP
- 1 buah copy kartu pelajar atau mahasiswa
-1 surat keterangan yang menyatakan pelajar atau mahasiswa yang masih aktif.- Tulis “Lomba Desain Poster Deep Indonesia 2009” pada sudut kiri atas amplop dan amplop tidak digulung/dilipat.

d. Waktu dan alamat pengiriman karya:
- paket/amplop karya selambat-lambatnya diterima di alamat panitia tanggal: 20 Maret 2009, jam 17.00 wib (BUKAN CAP POS) - karya dikirim langsung/via pos ke alamat panitia.
PENJURIAN.
Seluruh karya terkirim akan mendapat kesempatan dinilai oleh dewan juri, satu nama peserta hanya punya kesempatan untuk mendapat satu penghargaan. Dewan Juri terdiri dari praktisi/desainer senior, pendidik/dosen DKV dan wakil dari penyelenggara dan sponsor (Xnet & Coremap).
Hal yang dijadikan dasar penilaian juri adalah:
- orisinalitas karya,
- kesesuaian tema dan konsep desain,
- lingkup kedalaman eksplorasi tema serta komunikatif dalam menyampaikan pesan,
- inovasi serta sisi artistik penyajian visual.
PENGHARGAAN Pemenang kompetisi ini akan mendapatkan sertifikat dan hadiah apresiasi, dalam bentuk sebagai berikut:
a. Pemenang pertama: uang Rp. 5.000.000,-dan hadiah hiburan sponsor
b. Pemenang kedua: uang Rp. 3.000.000,- dan hadiah hiburan sponsor
c. Pemenang ketiga: uang Rp. 2.000.000,-dan hadiah hiburan sponsor
d. Beberapa peserta finalis lainnya akan mendapat hadiah dari sponsor.
Karya pemenang, finalis dan beberapa karya peserta yang layak, akan dipamerkan di acara DEEP Indonesia 2009, tanggal 27-29 Maret 2009 di Hall A, Jakarta Convention Center, dan akan diberikan sertifikat tanda keikutsertaan pameran dan publikasi tingkat internasional. Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada acara tersebut pada tanggal 29 Maret 2009. Karya finalis juga akan ditayangkan mulai tanggal 25 Maret 2009 di situs internet dengan alamat:www.desaingrafisindonesia.co.cc.
Karya yang masuk menjadi milik dan dokumentasi panitia.
Tidak diadakan komunikasi apapun dengan panitia.
INFORMASI LEBIH LANJUT:
Panitia Lomba Desain Poster DigitalDEEP Indonesia 2009
Jl. Tebet Barat 5C no 30 Jakarta 12810
KONTAK PANITIA:

(harap tidak via sms)
Stella: 0812 959 8875
Ellen: 0818 162 435
INFORMASI INI DAN FORMULIR REGISTRASI LOMBA BISA DIAKSES DARI:

www.deepindonesia.com
www.fdgi.info
www.desaingrafisindonesia.co.cc
Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar